Kamis, 25 Juli 2013

NIAT BAYAR FIDYAH



1. LAFADZ NIAT FIDYAH ORANG YANG HAMIL
نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ فِدْيَةَالْحَمْلِ فَرْضًاشَرْعًا لِلّٰهِ تَعَالٰى
"Sahajaku mengeluarkan fidyah bagi orang yang hamil fardhu pada hukum syara' karena Allah Ta'ala"

2. LAFADZ NIAT FIDYAH ORANG YANG MENYUSUI
نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ فِدْيَةَالْمُرْضِعِ فَرْضًاشَرْعًا لِلّٰهِ تَعَالٰى
"Sahajaku mengeluarkan fidyah bagi orang yang menyusui fardhu pada hukum syara' karena Allah Ta'ala"

3. LAFADZ NIAT FIDYAH ORANG YANG SAKIT YANG TIDAK DIHARAP SEMBUH
نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ فِدْيَةَالْمَرَضِ الَّذِيْ لاَ يُرْجٰى بَرَؤُهُ فَرْضًاشَرْعًا لِلّٰهِ تَعَالٰى
"Sahajaku mengeluarkan fidyah bagi orang yang menyusui fardhu pada hukum syara' karena Allah Ta'ala"

4. LAFADZ NIAT FIDYAH ORANG YANG MENYUSUI
نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ فِدْيَةَالشَّيْخِ الْكَبِيْرِ فَرْضًاشَرْعًا لِلّٰهِ تَعَالٰى
"Sahajaku mengeluarkan fidyah bagi orang tua renta fardhu pada hukum syara' karena Allah Ta'ala"

*Besarnya Fidyah adalah 1 mud per hari. 1 mud = 700 gram = 7 ons
         

14 komentar:

  1. selain dari empat golongan di atas, tidak kena fidyah ya????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selain empat golongan diatas, masih ada golongan lainnya yang harus membayar fidyah setelah dia membatalkan puasanya selain harus membayar qadha puasanya.
      Contoh :
      Seseorang yang menyelamatkan orang yang tenggelam, sementara ia dalam keadaan berpuasa, jika ia berbuka (membatalkan puasa) karena berupaya menyelamatkan orang tersebut, dan dia JUGA khawatir terhadap keselamatan dirinya jika ia terus berpuasa, maka ia juga harus membayar fidyah.
      Kesimpulan : Seseorang kena fidyah jika ia berbuka (tidak puasa) karena mengkhawatirkan orang lain dan dirinya sendiri.
      seperti seorang ibu yang khawatir terhadap anak (kandungan)nya dan pisiknya.
      Demikian yang saya dengar dari guru kami.
      Wallahu a'lam bishshawab.

      Hapus
  2. Bgmn dgn niat puasa fidyah krn haid??

    BalasHapus
  3. Puasa th 2015, istri saya melahirkan dan menyusui dan tidak berpuasa sebulan penuh karena menyusui anaknya,dan niat mau membayar kapan waktu yg tepat membayar harus kah masuk puasa 2016,atau kapan yg baik untuk membayar fidyah jika beras harus berapa kg saya harus membayarnya.Terima kasih

    BalasHapus
  4. Puasa th 2015, istri saya melahirkan dan menyusui dan tidak berpuasa sebulan penuh karena menyusui anaknya,dan niat mau membayar kapan waktu yg tepat membayar harus kah masuk puasa 2016,atau kapan yg baik untuk membayar fidyah jika beras harus berapa kg saya harus membayarnya.Terima kasih

    BalasHapus
  5. itu yang poin ke 4 niat buat orang tua. apa niat buat orang menyusui,,
    artinya tidak sama dengan judulnya

    BalasHapus
  6. Mhn informasinya...apakah pembayaran fidyah bs kita serahkan ke sebuah panti asuhan ?

    BalasHapus
  7. Maaf beriburibu maaf.
    Bukannya sok taw.
    Tapi tolong yg benar dibenarkan yang salah di salahkan.
    Pengertian lafadz niat membayar fidyah urutan ke 3..
    Tolong diperbaiki arti kebahasa indonesianya..minal a'idin walfaidjin mohon maaf lahir & bathin wassalam...

    BalasHapus
  8. Saya penyandang cacat tidak bisa jalan dan masih punya penyakit lain yaitu sesak nafas dan jantung...apa hukum saya jika tidak berpuasa apakah saya harus membayar fidyah.tapi belum punya kerja dan tak punya kerja.mohon petunjuknya

    BalasHapus
  9. Bgaimana lw membayar fidya dengan beras..apa boleh beras yg di belanjakan misalx tuk 1 bulan atau 29 hari puasa..berasx di bagi2 misalx tuk 10 org...

    BalasHapus
  10. Lafas niat BG wanita uzur Tak Ada ke? Lafas niat bagi yg mebyusui Di tulis 2 Kali ,

    BalasHapus
  11. Apa doanya bagi penerima fidya menyusui

    BalasHapus
  12. Assalaamu a'laykum saya mau bertanya,saya mempunyai orang tua dan beliau tidak berpuasa krna dalam keadaan sakit,dan beliau tidak yakin bisa membayar qadho puasa nya,krna kondisi kesehatan beliau,saat ini beliau tidak bekerja atau tidak ada pendapatan,otomatis saya sbg anak yg menanggung fidyah beliau,yang ingin saya tanyakan kalau beliau bayar fidyah apakah saya yg harus me lafadz kan niat fidyah beliau..??mohon jawaban nya

    BalasHapus